Menu

Mode Gelap

Kuliner · 14 Okt 2023 15:48 WIB ·

10 Makanan Khas Madura yang Wajib Dicoba!


10 Makanan Khas Madura yang Wajib Dicoba! Perbesar

Madura1.comMakanan khas Madura tak hanya sate madura. Selain sate madura, pulau madura memiliki beraneka ragam makanan khas lainnya dan mungkin tidak akan ditemukan di tempat lain.

Rekomendasi 10 Makanan Khas Madura

Simak 10 makanan khas Madura yang wajib dicoba berikut ini:

1. Dhun Adhun

Dhun adhun merupakan salah satu kuliner khas Sampang Madura yang tak lekang oleh zaman. Makanan ini terdiri dari lontong atau ketupat dan daging ayam, tetapi bisa juga diganti dengan daging lainnya.

Sementara kuahnya dari santan yang dicampur dengan bumbu rempah-rempah. seperti lengkuas, ketumbar, merica, bawang merah dan bawang putih, serta ditaburi serundeng jagung yang ditumbuk halus.

2. Lorjuk

Bagi yang doyan seafood, lorjuk menjadi makanan yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Madura. Lorjuk merupakan makanan dari jenis kerang yang berukuran sangat kecil yang hanya hidup di perairan Madura.

Pengolahan lorjhuk membutuhkan waktu yang lama. Lorjhuk harus direbus tanpa air untuk mengeluarkan cairan yang mana cairan dari hasil rebusan tersebut bisa digunakan sebagai kaldu. Lorjuk kemudian dijemur hingga cangkangnya mengelupas.

Kemudian, Lorjuk dijemur kembali selama dua hari agar bisa dimasak. Biasanya, lorjuk dimasak dengan cara ditumis dicampur dengan kecap dan cabai.

Selain itu, lorjuk biasa digunakan sebagai bahan rengginang atau bisa langsung digoreng dijadikan lorjuk goreng.

3. Bebek Songkem

Bebek songkem merupakan makanan khas Sampang. Daging bebek ini dimasak dikukus menggunakan daun pisang.

Sebelum dibalut dengan daun pisang, bebek terlebih dahulu dibumbui dengan garam, bawang merah, bawang putih, cabai, dan aneka rempah lainnya. Posisi bebek harus diposisikan seperti sedang sungkem. Nah itulah kenapa disebut dengan bebek songkem.

Keunikan lain dari bebek songkem, pada proses pengukusan bebek songkem tidak menggunakan air, melainkan menggunakan batang pohon pisang. Uap yang dihasilkan dari batang pohon pisang dapat memberikan aroma yang khas.

4. Potu Nyilem

Potu nyilem makanan wajib tersaji saat bulan Ramadhan di Madura. Potu nyilem adalah kue yang dibuat dari ketan yang dicampur air perasan pandan lalu dibentuk seperti kelereng. Kemudian, Bola-bola tersebut diisi parutan kelapa, merica, dan gula pasir.

Setelah itu, adonan kemudian direbus dalam air hingga bola-bola tenggelam. Saat matang, potu nyilem akan mengambang.

5. Cake

Cake tidak diucapkan seperti bahasa Inggris (keik) yang berarti kue. Cake madura semacam sup. Biasanya, cake madura menjadi hidangan pembuka acara pernikahan di madura.

Sup madura ini tidak hanya berisi daging ayam dan sayuran dengan kuah kaldu tapi juga menggunakan lidah sapi dan bakwan udang.

6. Mento Sumenep

Mento meripakan makanan khas Sumenep yang mirip dengan lumpia basah. Kulit dadarnya terbuat dari adonan tepung yang diisi dengan pepaya mengkal, daging ayam, kemudian digulung dan disiram dengan kuah santan kental.

Kuliner khas sumenep ini dahulunya sangat eksklusif karena hanya disajikan di dalam keraton. Namun, kini sudah dijual di tempat umum.

7. Sate Ayam Madura

Sate ayam madura tentu sudah populer di indonesia. Sate ayam madura mudah ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia.

Sate ayam madura menggunakan bumbu kacang manis. Biasanya, sate ayam madura disajikan dengan kecap, irisan cabe dan bawang merah.

8. Sate Laler

Kuliner khas Madura berikutnya adalah sate laler. Sate laler mirip dengan sate ayam khas madura, yang membedakan dari sate laler ini dagingnya yang dipotong menjadi kecil-kecil.

Itulah kenapa sate ini disebut sate karena Laler sendiri artinya lalat. Sehingga daging yang dipotong kecil-kecil ini mirip lalat.

9. Rujak Lethok

Rujak lethok salah satu jenis rujak yang khas dari Pamekasan, selain rujak dulit dan rujak corek. Rujak lethok juga disebut rujak manis karena menggunakan buah-buahan seperti mangga, pepaya, nanas, timun, dan bengkoang dan disirami bumbu gula merah.

10. Kaldu Kokot

Kuliner Khas Madura yang terakhir adalah kaldu kokot, kaldu ini banyak ditemukan di berbagai warung di Madura. Makanan khas madura ini juga semacam sup yang kuahnya dari rebusan kacang hijau dan kokot.

Kokot adalah bagian balungan atau tulang sapi. Sehingga paduan ini membuat rasanya menjadi khas.

Demikian 10 rekomendasi makanan khas Madura yang wajib kamu coba. Jangan lupa mencoba makanan ini saat berkunjung ke Madura ya.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 32 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Warga Desa Mandala Rubaru Swadaya Membangun Jalan Aspal sepanjang 385 meter dengan lebar 3 meter

22 Oktober 2023 - 20:47 WIB

Bebek Songkem, Kuliner Khas Madura yang Wajib Dicoba!

15 Oktober 2023 - 18:23 WIB

Trik Merebus Daging agar Cepat Empuk tanpa Presto

15 Oktober 2023 - 17:48 WIB

Mengenal Batik Madura: Sejarah, Ciri Khas, dan Motif

15 Oktober 2023 - 01:21 WIB

Sampang Menjadi Terbaik ke 2 di Jatim dalam Penurunan Stunting

14 Oktober 2023 - 23:53 WIB

Festival Musik Tong-tong se-Madura 2023 di Sumenep Nanti Malam

14 Oktober 2023 - 13:44 WIB

Trending di Madura